Bali, 25 Oktober 2018 – Sejalan dengan misi OJK mengenai inklusi finansial dan perlindungan konsumen, maka TunaiKita hadir dan aktif berperan serta mensponsori kegiatan Fintech Days 2018 yang resmi dibuka hari ini di Bali bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) dan sejumlah perusahaan fintech lainnya. Kegiatan Fintech Days 2018 ini mengedepankan kegiatan-kegiatan yang diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan di Bali pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Saat ini, pertumbuhan inklusi keuangan di Indonesia masih tergolong lambat antara lain karena masih banyak warga yang tinggal jauh dari bank atau belum dapat menjangkau layanan jasa keuangan. Industri fintech hadir dan berkembang pesat di Indonesia, namun hingga saat ini, masih banyak warga Indonesia yang belum memahami keuntungan yang ditawarkan fintech.

“Kali ini TunaiKita hadir untuk berpartisipasi kembali pada acara Fintech Days 2018 di Bali untuk memberi edukasi bagi masyarakat tentang berbagai manfaat dan kemudahan yang ditawarkan fintech, TunaiKita juga hadir di Bali untuk mendukung semangat OJK dalam terus menggalangkan literasi inklusi keuangan. Teknologi dan aplikasi TunaiKita sudah teruji bisa mempertemukan mereka yang memerlukan kredit konsumtif dan produktif dengan lembaga-lembaga keuangan kredibel. Jika semakin banyak warga Bali bisa mengakses kredit dengan mudah, maka hal ini akan berdampak positif pada daya beli masyarakat dan membantu memajukan perekonomian setempat,” kata VP Corporate Affairs TunaiKita, Anggie Ariningsih.

Sejak berdirinya TunaiKita sekitar setahun yang lalu, TunaiKita sudah ada di 159 kota dan menargetkan untuk melakukan ekspansi keseluruh Indonesia pada akhir tahun 2018. Selama 3 hari kedepan TunaiKita akan hadir dengan menyapa masyarakat Bali secara langsung di beberapa pasar tradisional, mengikuti panel diskusi yang diselenggarakan oleh OJK, dan kegiatan pameran fintech di Discovery mall Bali. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi edukasi kepada masyarakat Bali tentang berbagai manfaat dan kemudahan yang ditawarkan fintech, mengenal lebih dekat perusahaan-perusahaan fintech khususnya TunaiKita sebagai salah satu perusahaan fintech yang sudah terdaftar di OJK, belajar tentang cara mengembangkan usaha start-up, dan juga memberi informasi peluang berkarir di perusahaan fintech.

“TunaiKita memanfaatkan teknologi untuk membuka akses kredit bagi “missing middle” — atau lapisan kelas menengah — yang umumnya sulit mendapatkan kredit dari lembaga keuangan konvensional. TunaiKita hadir menawarkan layanan jasa keuangan secara digital dengan proses yang mudah, cepat dan terpercaya. Kami juga sangat memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan kepada nasabah dalam kegiatan operasional kami“ kata COO TunaiKita, Andry Huzain.

Manfaat teknologi TunaiKita diterima baik oleh para konsumen di paruh pertama 2018, dimana jumlah pinjaman yang dicairkan naik 400 persen lebih, jumlah nasabah yang memilih untuk meminjam lagi dengan TunaiKita naik 60 persen, sementara angka kredit macet untuk bulan Juni turun 175 persen dibanding Januari. Dengan turut serta berperan aktif dalam mendukung kegiatan-kegiatan OJK dan secara mandiri melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan literasi keuangan di Indonesia, TunaiKita berharap agar masyarakat lebih #melekfintech dan lebih mengerti manfaat-manfaat juga ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan dalam menggunakan layanan jasa keuangan fintech.